Skip to main content

Pushkin, Bapak Bahasa Rusia Modern


Pushkin dikatakan sebagai “Matahari puisi Rusia”. Nama Aleksander Sergeyevich Pushkin sangat terkenal di seluruh dunia, dan di Rusia anak-anak sekolah pasti tahu puisi-puisinya. Pushkin sangat berharga bagi Rusia, karena dia menjadi penyair pertama yang melihat hubungan semua elemen dunia, merasakan keharmoniannya, dan yang menyatukan kultur Eropa dan Rusia ke dalam dirinya sendiri dan ke dalam buku-bukunya.


Syair-syair awal Pushkin berkarya penuh dengan kecerian dan kemudahan masa muda, lalu buku-buku yang ditulisnya di setengah hidupnya yang pendek, berbicara tentag perjalanan, tentang pertempuran antara kebaikan dan kekejaman dalam jiwa seseorang.

Aleksander Sergeyevich Pushkin lahir 6 juli (26 mei*kalendar Rusia kuno) 1799 di kota Moskow. Ayahnya tuan tanah yang tidak begitu kaya, dia tidak suka bekerja, itulah sebabnya uang di rumahnya selalu cepat habis. Ibunya, yang disebut (прекрасная креолка *gadis keturunan yang cantik) atau (прекрасная африканка *gadis afrika yang cantik), juga dari keluarga yang tidak begitu kaya. Buyut Pushkin lahir di Afrika. Ketika dia berumur 8 tahun, dia dibawa ke Rusia ke Tsar Peter I, yang kemudian menjadi bapak baptisnya, dan dia mendapatkan pendidikan yang baik. Buyut Pushkin sangat sering mengenang Afrika, kehidupan di rumah ayahnya, tentang ke-19 saudara laki-laki dan perempuan.

Aleksander Sergeyevich Pushkin sangat mirip dengan buyutnya, rambut keriting, kulit gelap, bibir yang tebal. Dia sangat dekat dengan neneknya, dari dialah Pushkin mendengar cerita-cerita dan nyanyian-nyanyian Rusia yang indah. Di rumahnya mereka berbicara bahasa Perancis, tapi nenek dan pengasuhnya Aleksandra, yang sangat disayang Pushkin, mereka mengajari Pushkin bahasa Rusia.

Pada tahun 1811 Pushkin diterima di sekolah menengah atas, yang terletak di kota Tsarkoye Selo, tidak jauh dari Saint Peterburg. Anak-anak muda di sekolah tersebut mendapatkan pendidikan yang sangat baik. Di sini Pushkin bertemu dengan orang-orang yang menjadi sahabatnya, mereka adalah Ivan Puschin, teman satu sekolah, Kyuhelbeker, si pekerja keras yang disegani Pushkin, Anton Delvig, orang yang pertama mengetahui talenta Pushkin.

Pada tahun 1817 Pushkin menyelesaika sekolahnya dengan hasil yang sangat bagus di mata pelajaran Literatur Rusia dan Perancis. Pada masa sekolahpun, dia mulai menulis syair-syair, yang dicetak di majalah literatur Rusia. Dia juga menulis tentang masa kecil yang sudah berakhir, berikut penggalannya:
Прости, игры первых лет!
Я изменился, я – поэт!

Pada tahun 1820 Pushkin menulis puisi “Ruslan dan Lyudmila”. Ketika puisi tersebut dibaca oleh V.A Zhukovskii, penyair terkenal yang dianggap Psuhkin sebagai guru, Zhukovskii memberikan Pushkin potret dirinya yang tertulis ”murid menang dari guru yang kalah”.

Tahun-tahun berlalu. Talenta Pushkin semakin berkembang. Pushkin mencari bahasa rusia yang sebenarnya dan yang asli untuk syair-syairnya. Dia sangat suka berbicara dengan petani, mendengar lagu, yang dinyanyikan oleh perempuan dan lelaki desa. Begitulah Pushkin membuka bahasa Rusia yang simple dan “hidup”, yang digunakanya dalam buku-bukunya, dan kemudian bahasa Rusia tersebut menjadi bahasa literatur nasional Rusia.

Syair-syair Pushkin berbicara tentang alam rusia, tentang kota Moskow, kota dimana dia lahir. Dia juga menulis tentang teman-temannya di sekolah, dan juga tentang wanita-wanita yang menyukai dirinya.
Pushkin dulunya memiliki banyak teman,  dan juga musuh yang iri terhadap talenta dirinya. Pada tahun 1837 Pushkin meninggal akibat duel dalam mempertahankan istrinya.

200 tahun telah berlalu dari masa ketika Pushkin hidup. Di Rusia banyak menggunakan kata-kata Pushkin untuk mengenangnya seperti ”Peterburg Pushkin”, “rumah dimana Pushkin tinggal”, “kebun dimana Puskhin suka jalan-jalan”. Pushkin melanjutkan hidupnya. Sudah berlangsung dari lama setiap tanggal 6 Juni atau minggu pertama bulan juni diadakan hari besar Puisi yang diacarakan oleh ribuan orang. Hari besar tersebut diadakan di Mikhailovski, Odessa, Kishinev, dan tempat-tempat lain dimana Pushkin pernah tinggal atau singgah. Pada hari itu pula orang-orang mendengar, membaca syair-syairnya, mengenang kata-kata penyair Rusia abad 19 F. Tyutchev yang berbicara tentang Pushkin:

Тебя ж, как первую любовь,
России сердце не забудет!


(sumber: buku Nashe Vremya: ychobnoe posobie po russkomy yazhiky dlya inostranstev)


Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -