Skip to main content

6 Konstruksi Masterpiece Vladimir Shukhov


Vladimir Shukhov

Di bidang arsitektur setelah evolusi Rusia, nama Vladimir Shukhov dikenal sebagai insinyur dan arsitek besar. Dia adalah orang pertama di dunia yang membangun konstruksi cangkang hiperboloid. Konstruksi cangkang hiperboloid adalah konstruksi bentuk struktural tiga dimensi yang kaku dan tipis dan mempunyai permukaan lengkung. Konstruksi tersebut harus didirikan dari material yang dapat dilengkungkan seperti beton bertulang, kayu, logam, bata, batu dan plastik. Namun saat ini kita membahas tentang detail teori cangkang hiperboloid, tapi akan melihat 6 konstruksi masterpiece Vladimir Shukhov.


menara Shukhov di Polibino

Konstruksi cangkang hiperboloid pertama di dunia, di Polibino oblast Lipestkaya, Rusia


Karya ini pertama kali muncul pada pameran industri dan seni seluruh Rusia di musim panas tahun 1896 di kota Nizhnii Novgorod, pameran tersebut merupakan pameran terbesar setelah evolusi Rusia. Untuk pergelaran tersebut sang arsitektur membuat 8 paviliun dengan langit-langit jaring dan menara cangkang hiperboloid, yang menjadi ciri khasnya. Tangki air, yang mampu menampung sekitar 6500 ember air, membuat konstruksi bangunan menjadi elegan. Tangga spiral menjadi jalan ke atas menuju tangki, sehingga siapapun bisa melihat dari atas ke bawah. Dan tak perlu diragukan lagi, karya unik menara baja menjadi “sorotan” dan benar-benar menarik perhatian tidak hanya pengunjung biasa, tapi juga orang-orang penting seperti filantropis dan pengusaha kaca Yuri Naechaev – Maltsev. Pengusaha sukses tersebut membeli konstruksi karya Shukhov setelah pameran tersebut dan mewujudkan konstruksi tersebut di Polibino di oblast Lipetskaya. Di sana sampai hari ini konstruksi setinggi 25 meter tersebut berdiri.



Pusat perbelanjaan pemerintah di Moskow


atap GUM atau pusat perbelanjaan design Shukhov
Pada pameran di Nizhnii Novgorod Vladimir Shukhov memamerkan suatu pendekatan inovatif dalam penggunaan konstruksi jaring untuk atap dan langit-langit bangunan. Konstruksi tersebut dibangun di “Pusat perbelanjaan milik pemerintah” (pada zaman unisoviet), di seberang Kremlin Moskow. Kaca atap pusat perbelanjaan tersebut adalah karya seorang ahli. Pada dasarnya kerangka cangkang tersebut terbuat dari batang logam. Dalam pembuatan kerangka cangkang tersebut dibutuhkan lebih dari 800.000 kilogram logam. Meskipun seperti itu setengah lingkarang cangkang tersebut terasa ringan dan halus.


Museum seni Nasionanl A. S. Pushkin

atap design Shukhov di museum seni nasional Pushkin
Mungkin ini adalah bangunan paling terkenal dimana Vladimir Shukhov mengambil bagian dalam perancangannya. Dia mendapatkan tugas untuk membuat atap dan langit-langit yang kuat, namun cahaya matahari harus bisa menembusnya. Seratus tahun lalu ketika museum itu dibuka, dalam proyek tersebut pada saat itu belum ada ide untuk penerangan elektrik, oleh karena itu ruang museum harus terang dengan cara alami (tanpa listrik). Pada proyek Shukhov, Yuri Naechaev – Maltsev, seorang filantropis yang membeli karya Shukhov yang pertama, menjadi sponsor proyek tersebut. Oleh sebab itu Shukhov mempunyai rekomendasi terbaik. Dibangunlah oleh mereka atap logam-kaca tiga tingkat yang disebut dengan monumen insinyur jenius.

Stasiun Kievskii di Moskow.


atap desgign Shukhov di stasiun Kievskii

Pembangunan peron bekas stasiun kereta Bryanskii dilakukan beberapa tahun, dari tahun 1914 sampai 1918, dengan kondisi kekurangan logam dan tenaga kerja. Ketika pembangunan selesai, ruang kaca di atas platform sepanjang 230 meter  menjadi yang terbesar di Eropa. Atap indah stasiun Kievskii adalah logam-kaca yang disandarkan ke lengkungan baja. Jika di peron stasiun tersebut sulit dipercaya bahwa diatas anda ada konstruksi seberat 1300 ton!


Menara di Shabolovka

menara Shukhov di Shabalovka

Semua masterpiece Shukhov dibangun  dari tahun 1919 – 1922. Rencana awal proyek diharapkan bahwa menara akan didirikan setinggi 350 meter, dan akan menjadi saingan menara Eifel (324 m). Meskipun realisasi diperkirakan membutuhkan dua kali lebih sedikit logam daripada “pesaing dari Perancis”, sehingga menara tersebut tingginya dikurangi menjadi 160 m (termasuk tiang dan bendera). Hal itu terjadi karena berlangsungnya perang sipil, sehingga menurunkan jumlah logam yang tersedia. Ketika proyek ambisius tersebut selesai dibangun, menara itu pertama-tama difungsikan sebagai pemancar radio pada tahun 1922, namun pada tahun 1938 menjadi pemancar televisi pertama. Kosntruksi ringan tersbut menginspirasi penulus Aleksei Tolstoi di roman fiksinya yang berjudul “Гиперболоид инженера Гарина”; dibaca hiperboloid inzhenera Garina (Hiperboloid insinyur Garin), dan menjadi bestseller pada waktu itu.



Menara Shukhov di sungai Oka

menara Shukhov di sungai Oka
Pada tahun 1929, 33 tahun kemudian setelah debut besarnya di Nizhnii Novgorod, Vladmir Shukhov kembali ke kota asal dan membawa sesuatu yang besar untuk kotanya. Di tepi bawah sungai Oka antara kota Bogorodskii dan Dzerzhinskii berdasarkan proyeknya didirikan satu-satunya menara penghantar listrik hiperboloid multi-seksi di dunia. Sayangnya dari tiga menara yang telah dibangun dan dipasang kabel, yang tersisa hanya satu.






Bangunan modern hasil aplikasi konstruksi cangkang hiperboloid Shukhov di dunia

menara Aspire di Doha
Karya-karya Shukhov sangat dihargai oleh para seluruh asitek terkenal di dunia. Bahkan banyak yang mengaplikasikan ide konstruksi tersebut di beberapa negara, seperti di Jepang, Italia, Brazil, dan Inggris raya. Contohnya adalah menara Aspire karya artsitektur Ken Shuttleworth di doha, dan juga atap British museum dan gedung 30 st Mary, karya Norman Foster di London. Namun contoh bangunan paling terkenal hasil pengaplikasian konstruksi Shukhov adalah menara pemancar setinggi 600 meter di Guangzhou, Cina, merupakan menara cangkang hiperboloid tertinggi di dunia.

atap British museum


gedung St Mary 30 di London

menara Kanton di Guangzhou


Sumber majalah national geographic russia 28 agustus 2013; Natalya Mayboro

Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -