Skip to main content

Fedor Emelyanenko, The Last Emperor


Bagi pecinta MMA (mix martial arts) atau pertarungan beladiri bebas, nama Fedor Emelyanenko pasti tidak asing lagi. Pria yang mempunyai nama lengkap Fedor Vladimirovich Emelyanenko ini lahir di kota Rubezhnoe, provinsi Luganskaya, Unisoviet (Ukraina) pada tahun 1976. Prestasi Emelinenko diantaranya juara dunia versi “Pride”, versi “Rings”, juara “Grand Prix Pride”, tiga kali juara dunia beladiri sambo di kelas berat.



Fedor Emelyanenko lahir di keluarga pekerja (ayahnya bekerja sebagai tukang las, dan ibunya sebagai supir derek. Pada tahun 1978 keluarganya memutuskan pindah ke Rusia ke kota Starei Oskol. Pada biografinya disebutkan bahwa pada usia 10 tahun dirinya sangat antusias mempelajari  seni bela diri, dan yang dipilhnya judo dan sambo. Pada tahun 1987 Fedor kecil dilatih oleh Vladimir Mikhailovich Voronov, ia adalah seorang ahli judo dan samba paling terkenal di Rusia. Setelah menyelesaikan sekolahnya pada tahun 1991, ia belajar di sekolah kejuruan (semacam SMK). Selang setahun setelah menyelesaikan sekolah tersebut, pada tahun 1995 ia memulai wajib militernya.

Setelah menunaikan kewajiban militernya pada tahun 1997 Fedor memulai berlatih kembali dengan keras untuk mengambil bagian di berbagai kompetisi. Pada tahun tersebut juga dirinya memenangkan pertandingan pertamanya di kejuaraan sambo internasional namun belum menjadi juara, selang setahun di kejuaraan sambo yang sama dirinya berhasil menjadi juara, dan selepas itu ia juga sudah dikenal sebagai ahli judo di negaranya.

Selain hal tersebut, pada tahun 1998 ia mendapatkan  banyak gelar yang membuat pundi-pundi kemenangannya bertambah. Fedor bertarung untuk tempat pertama dan ketiga pada kejuaraan Nasional Judo, ia juga mendapatkan peringkat ketiga pada kejuaraan nasional Sambo, dan pada kelas berat kejuaraan tersebut ia mendapatkan peringkat kedua. Pada tahun selanjutnya Fedor Emelyanenko memenangkan kejuaraan sambo internasional, dan pada saaat itu juga timnya menjadi juara pertama di benua Eropa.

Meskipun banyak kemenangan yang telah diraih, tidak membuat seorang Fedor Emelyanenko berpuas diri, ia tetap berlatih teknik-teknik baru. Pada tahun 2000 ia mulai berlatih teknik hand combat pada pelatih Aleksandr Vasilyevich Michkov. Ia juga mulai mengambil bagian dalam pertarungan MMA versi “RINGS”. Ia langsung mendapatkan hasil yang mengejutkan, pada tahun 2001 dirinya sudah menjadi juara dunia pada kejuaraan MMA versi “RINGS”. Tahapan karir selanjutnya  yang diambil adalah ikut kejuaraan MMA versi “Pride”, dimana kejuaraan tersebut lebih populer dan bergengsi.

Meskipun telah berkecimpung di dunia bela diri bebas, olahragawan yang memiliki julukan “The Last Emperor” tetap berlatih sambo, dan pada tahun 2002 ia memenangi kejuaraan nasional di Rusia, dan menjadi juara dunia beladiri sambo di Yunani. Di Panama Fedor menjadi juara di kelas berat di kejuaraan dunia beladiri sambo. Pada tahun selanjutnya, tahun 2003 diriniya menjadi juara dunia beladiri bebas (MMA) versi “Pride”. Ia berhasil mengalahkan juara bertahan Antonio Rodgrigo Nagiera. Banyak petarung terkenal yang kalah ketika berhadapan dengan Fedor, diantaranya Sam Schilt, Heath Hiring, Kazuyuki Fujita, Gary Goodridge.

Pada tahun 2004 dalam biografi Fedor Emelyanenko bersaing dengan beberapa petarung terkenal dalam perebutan gelar juara dunia versi “Pride”, diantaranya Kevin Rendelman, Naoya Ogawa, Mark Coleman, Antonio Nogueira. Fedor juga mendapatkan 2 gelar lainnya, yaitu champion of the Grand Prix, dan juara dunia beladiri bebas (MMA) versi “Pride”. Pada tahun berikutnya dirinya berhasil menjaga gelar juara dunianya sebanyak 3 kali di “Pride” dan juga pada kejuaraan dunia beladiri sambo. Pada tahun 2006 dia menjadi juara dunia di “Pride” untuk keempat kalinya.

Pada tahun 2012 dirinya menyatakan pensiun setelah dirinya mengalami kekalahan Fabricio Werdum, Antonio Silva, dan terakhir oleh Dan Henderson. Namun ia menyatakan bahwa ia akan bertarung jika waktunya sudah tepat.

Fedor menepati janjinya, ia bertarung kembali pada malam tahun baru 2016 melawan petarung India  Jaideep Singh, dan ia mengalahkannya dengan TKO.

Pada 17 juni 2016 “The Last Emperor” kembali beraksi di ring kanvas berhadapan dengan petarung dari Brazil Fabio Maldonado, dan ia berhasil mengalahkannya dengan kemenangan angka.






Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus