Skip to main content

Beasiswa di Rusia? Kenapa Tidak

Pemandangan dari Asrama

Sudah setahun lebih saya kuliah di Rusia. Tepatnya 29 september 2015 kaki saya melangkah di benua biru ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis apa yang harus dipersiapkan untuk kuliah di Rusia berdasarkan pengalaman pribadi. Saya akan menjawab pertanyaan yang muncul di kepala saya pada saat ingin melanjutkan beasiswa di Rusia, dengan asumsi pertanyaan-pertanyaan ini juga muncul di dalam benak anda.


Alasan mengapa pilih Rusia?


Peminat beasiswa Rusia waktu jaman saya masih kalah banyak jika dibandingkan dengan negara lainnya di benua Eropa, seperti Belanda, Jerman, Inggris, dan sebagainya.


Menunggu Ujian 
Selain itu, dari apa yang saya rasakan, biaya hidup di Rusia tidaklah mahal jika dibandingkan dengan negara besar Eropa lainnya. 200 USD dolar cukup untuk saya bertahan hidup tanpa merasakan kelaparan, memang ini tergantung dari gaya hidup masing-masing. Tapi percaya deh, jika dibandingi biaya hidup di Rusia sama di Jakarta, tidak terlalu jauh.

Dan terakhir, persyaratannya tidak ribet. Kita tidak harus TOEFL, karena nanti bahasa pengantarnya adalah bahasa Rusia.

Aman nggak sih di Rusia?


Aman. Sebenernya keamanan seseorang juga relatif. Selama kamu menghormati budaya dan tau diri, saya yakin tidak terjadi sesuatu yang buruk. Seperti teman saya bilang, yang penting jangan keluar malam sendirian, dan tidak menunjukkan barang berharga, lagi pula saya rasa ini juga berlaku di semua daerah, ini seperti peraturan umum saja.

Susah tidak belajar di Rusia?


Segala sesuatu yang baru pada awalnya susah. Jujur saya sendiri sempat merasa frutasi pada saat awal kuliah, beruntungnya saya mendapatkan teman orang Rusia yang mau membantu. Oiya, akan ada waktu 1 tahun bagi kita untuk belajar bahasa Rusia. Jadi waktu ini harus digunakan dengan baik untuk belajar bahasa Rusia.

Orang Rusia itu orang yang kaku ya, banyak penjahat dan mafianya?


Ini 100% salah. Mungkin ini efek dari film-film hollywood yang kita tonton sebelumnya. Jika kita mau menyapa lebih dulu, dan kita tidak bersikap sopan, saya yakin anda akan mendapatkan teman. Initinya harus aktif bertegur sapa. Takut salah bicara? Hajar aja. Toh kan itu bukan bahasa ibu buat kita. Kalo sudah akrab mereka, pasti kamu akan diajak untuk “angkat gelas” pada hari jumat alias minum.

Memang saya belum lama tinggal di Rusia, tapi saya menanyakan hal ini juga ke teman Rusia saya. Mereka jawab, “pasti kamu kebanyakan nonton film amerika”. Mafia masih ada, tapi mereka undercover, lagi pula apa urusan nya mafia sama kamu.

Dingin yah di Rusia?


Ini yang menarik. Mengenai pertanyaan ini, jawabannya tergantung. Ya tergantung kamu di kota mana nantinya belajar. Rusia itu luas, dan karena terlalu luas itu, cuaca antar daerah berbeda-beda. Berdasarkan pengalaman saya tinggal di Rostov on Don, perubahan cuaca di sini tidaklah terlalu ekstrim, pada musim panas suhu yang saya rasakan mencapai 40°c, dan pada musim dingin titik terendah yang pernah saya rasakan -20°c. Jika di kota Moskow atau Peterburg, bisa lebih rendah lagi. Oleh karena itu saya katakan sebelumnya bahwa jawaban ini relatif. Tapi yang pasti manusia masih bisa hidup kok.

Perpustakaan Kota Rostov on Don


Untuk hal ini saran saya, beli pakaian untuk musim dinginnya di Rusia saja. Alasannya, LEBIH MURAH dan LEBIH BAGUS. Jika dulu teman saya membeli di Indonesia dengan harga sampai 2 juta, di sini dengan 1 juta rupiah anda akan mendapatkan pakaian yang jauh lebih bagus, dalam artian pakaian yang anda beli, bisa membuat anda lebih hangat. Karena biasanya lebih tebal.

Untuk saat ini, hal tersebut yang baru bisa saya share ke teman-teman.

Oiya, Rusia itu sudah bukan komunis lagi. Mereka sudah seperti negara-negara besar Eropa lainnya.

Jadi, beasiswa di Rusia? Kenapa tidak.

Teman-teman bisa bertanya dengan menulis di kolom komen


================

BACA JUGA

Petunjuk Bagi Pemula Saat “Angkat Gelas” Dengan Orang Rusia

Mitos dan Fakta tentang Rusia, serta Tips and Tricks Tinggal di Rusia

Comments

  1. Ceritain dong Epen gimana caranya lo dapet beasiswa itu sama proses urus2nya sebelum dateng ke Rusia. Biar pada tau yang lain. Sama persiapan biaya pribadi lo.
    Btw, nice blog! Kapan-kapan BW ke blog gue ya. princesskaspian.blogspot.com. Hihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mi!!!!! Nanti dishare.. Nanti mampir ke blog ami...

      Delete
  2. index:obathammer.id
    index:obatkuatcialis.id
    index:jualmaxman.com
    index:obathammerofthor.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus