Skip to main content

Cerita Siberia Menjadi Bagian Rusia


Yermak's conquest of Siberia. Vasily Surikov. / Source: Wikipedia.org
Penaklukan Siberia oleh Rusia berlangsung dengan waktu yang relatif singkat. Bagaimana hal itu terjadi?

Siberia menjadi bagian dari wilayah Rusia dengan waktu yang cepat. Pada tahun 1585, ekspedisi pertama Rusia yang mencoba untuk melintasi benua Eurasia gugur di pegunungan Ural, dan hanya selang 54 tahun kemudian, Rusia mampu menggapai samudera Pasifik.

Sejarah Orang Rusia di Siberia


Hubungan Rusia dengan populasi pribumi Siberia sudah berlansung lama sebelum ekpedisi militer ke Ural. Pada abad XIV berdasarkan Laurentian Codex, catatan kronologi tertua tentang sejarah Rusia Utara, menyebutkan Gurat Rogovich dari Novgorod adalah seseorang yang pergi dalam sebuah ekspedisi ke Ugra lands pada abad XI. Sesuai dengan sejarahwan Sergei Solovyov, “gunung yang besar dan langkah tembaga” dalam Codex tersebut adalah pegunungan Ural. Pada periode berikutnya, Ushkuiniks­, para pasukan bajak laut dari Novgorod yang mengarungi sungai dengan perahu datar, sering menyerang wilayah mereka.

Pada tahun 1483, pasukan Moskow pergi menuju Ural dalam serangan militer, dan pada tahun 1555, Kerajaan Sibir, yang merupakan masyarakat muslim yang terdiri dari suku Siberian menjadi pengikut raja Rusia. Akan tetapi, tahun 1563, pemimpin baru, Kuchum, menjadi “khan” dan mendapatkan kembali kemerdekaan kerajaan tersebut..

Penyerangan Cossack Yermak terhadap Kuchum pada tahun 1581 merupakan ekspedisi penjajahan penuh ke Siberia. Pada saat itu, Kerajaan Khan sudah mulai merampok perbatasan wilayah Rusia. Yermak yang memulai ekspedisinya dengan 540 pasukan cossack , berhasil mengumpulkan lebih banyak tentara ketika dia bergerak lebih jauh ke Siberia, berperang dengan suku lokal, dan pasukan kerajaan Khan di sepanjang perjalanan.pada tahun 1585, anak buah Kuchum berhasil menyelinap ke markas Yermak, dan berhasil membunuh pemimpin cossack itu serta pasukannya. Akan tetapi hal tersebut sudah terlambat untuk menghentikan kolonisasi Siberia.

Ekspedisi baru Rusia mendirikan benteng-benteng di Siberia, yang kemudian berkembang menjadi kota-kota besar. Pada tahun 1586 ditemukan kota Tyumen (populasi sekarang sekitar 720.000), pada tahun 1604 ditemukan kota Tomsk (saat ini populasinya 570.000), dan pada tahun 1628 kota Krasnoyarsk, yang populasinya saat ini 1 juta orang.

Bukan Sebuah Koloni


Tidak seperti wilayah kekuasaan Kerajaan Inggris di Amerika Utara, Siberia bukanlah sebuah daerah koloni. Rusia tidak memisahkan wilayahnya dengan batas seperti itu. Wilayah tersebut langsung menjadi bagian perluasan imperium Rusia. Para elite lokal terintgrasi langsung dalam sistem administrasi Rusia. Seperti contoh, anak dari Kuchum pada akhirnya menandatangani perjanjian damai, dan cucunya menjadi kepala di kerajaan “Khan Qasim”, sebuah kerajaan bangsa Tatar Rusia.

Para ahli percaya bahwa sebelum kedatangan para orang Rusia, 240.000-300.000 warga lokal hidup di Siberia dalam luas wilayah 5 juta mil persegi. Para suku Siberia berperang satu sama lain, dan kebanyakan dari mereka menerima peraturan Rusia untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut. Akan tetapi eksplorasi para cossack semakin jauh ke timur, semakin banyak perlawanan dari para kelompok ingin mempertahankan kemerdekaannya.

Pemerintah Rusia menggunakan benteng dan pos pertahanan untuk menyebarkan kekuatannya, tapi suku lokal menyerang dan membakar benteng-benteng tersebut,sehingga para cossack mengerahkan serangan balik. Ahli foklor Georgy Ergis mengatakan bahwa dalam legenda orang Yakut, Orang Rusia dikatakan sebagai “orang pertempuran dan pembantaian”.

Holdouts Terakhir


Orang Chukchi merupakan salah satu suku penantang dari Siberia. Mereka dengan tangguh melawan para cossack, dan bahkan sering mengalahka mereka dalam berbagai kesempatan. Skala pertempuran antara orang Chukchi dan para cossack tidaklah besar, salah satu kekalah serius yaitu pada pertempuran di sungai Orlova, pasukan Rusia kehilangan 51 orang, namun pada akhirnya pemerintah imperium mempunyai cukup pasukan. Pada tahun 1742 tsar mengeluarkan perintah “menyerang tanpa ampun orang Chukchi dengan senjata penuh, dan membasmi mereka sampai habis”.

Orang Siberia Asli
Sama seperti kelompook asli di belahan dunia manapun, orang-orang pribumi Siberia sangat rentan terhadap penyakit yang dibawa oleh para penjelajah Rusia. ”Penyakit baru melemahka dan menyusutkan populasi orang pribumi”, tulis sejarahwan John Richards. “Mereka menghancurkan 80% orang-orang Tungusic dan 44% orang-orang Yukaghir”.

Meskipun begitu, tujuan ekspansi Rusia bukanlah genosida atau perbudakan orang Siberia, tapi untuk melaksanakan upeti terhadap mereka, termasuk wilayah baru di wilayah imperium Rusia. Biasanya imperium Rusia akan menempuh jalur senjata hanya jika upaya diplomatik mereka gagal. Saat ini hampir 10% dari populasi Siberia terdiri dari orang asli Siberia. Di Republik Sakha-Yakutia, sebagai contoh bahwa di sana lebih banyak etnik Yakuts daripada etnik Rusia.

sumber russia-insider.com

==================================

BACA JUGA




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -