Skip to main content

Kremlin Moskow, Jantung Rusia


Kremlin Moskow

Jika kita berbicara tentang Rusia, pasti kata “Moskow” tidak bisa dipisahakan.  Moskow adalah ibukota Rusia yang kaya, baik secara arsitektur maupun secara histori. Kata Moskow juga identik dengan lapangan Merah, gereja St. Basil, dan yang pasti Kremlin, benteng yang melindungi para penduduk kota Moskow di jaman dulu. Dalam artikel ini akan dikupas secara singkat bagaimana Kremlin Moskow berdiri, dan apa saja yang ada di dalamnya.


Menara Kutafiya
Kota Moskow berada di tepian dimana menyatunya sungai Kota Moskow dan sungai Neglinnaya. Jika mengingat sejarah tentang Kota Moskow seperti yang telah disinggung di artikel sebelumnya, bahwa Kota Moskow terletak di wiilayah kepangeranan Suzdal. Pada tahun 1147 pangeran Yuri Dolgorukii mengundang temannya, pangeran Svyatoslav Olegovich “datanglah, saudaraku, kepadaku ke Kota Moskow”. Oleh karena hal tersebut tercatat, maka tahun 1147 disepakati sebagai tahun berdirinya Kota Moskow. Kota Moskow memiliki desain yang sangat menguntungkan. Tepian yang besar dan semak-belukar yang sulit ditembus juga menjaga kota dari serangan musuh dari luar.
Gaya arsitektur Italia di Kremlin
Aliran sungai Kota Moskow membuat kota sangat nyaman dalam hal perdagangan. Oleh karena itu Kota Moskow cepat tumbuh dan berkembang. Pada tahun 1238  Kota Moskow dapat bertahan dari invasi Mongol – Tatar. Sejarah mencatat tentang penguasaan Kota Moskow, tentang penghancuran seluruh penduduk kota, dari yang muda sampai yang tua, tentang pembakaran dan pengerusakan yang sangat menakutkan, sangat menyedihkan dan menyakitkan. Akan tetapi, kota Moskow masih bertahan dan mulai secara bertahap memperbaiki diri dan tumbuh kembali.

Menara Tainitskaya 
Pada akhir abad XIII dan awal abad XIV kota Moskow menjadi pusat kepangeranan, yang secara perlahan berubah menjadi pusat tanah bangsa Rus. Dalam hubungannya dengan hal tersebut mengubah arti Kremlin Moskow (kremlin tidak hanya di kota Moskow, namun yang paling terkenal ada kremlin di kota tersebut). Karena perubahan tersebut, Kremlin menjadi tempat tinggal pangeran agung dan pemimpin kepala gereja orthodoks bangsa Rus (mitropolita). Pada tahun 1367 pada masa pangeran agung Dmitri Donskoi, kayu-kayu palang sekeliling kota Moskow diganti dengan dinding-dinding dan menara-menara yang terbuat dari batu putih. Batu-batu tersebut merupakan batu awal Kremlin Moskow. Dari periode tersebut pada buku-buku sejarah sering dijumpai istilah “batu putih Moskow”.

Lonceng Raja
 Lembaran pertama pada sejarah Moskow, yaitu pada  masa pemerintahan  Ivan III (1462 - 1505) dan Vasiley III (1505 – 1533), ketika Moskow pada akhirnya menjadi ibu kota pemerintahan pusat  bangsa Rus. Pada dasarnya Kremlin dibangun dengan arsitektur dan karakter sebuah ibukota pemerintahan. Bedasarkan perintah Ivan III untuk pembangunan Kremlin, diundang tidak hanya para ahli bangsa Rus, namun juga para arsitek dari Italia, yang pada masa tersebut dikenal sebagai negara dengan cita rasa seni tertinggi di Eropa. Italia sangat unggul dalam hal mendirikan sebuah bangunan dengan seni yang tinggi. Pada tahun 1485 – 1495 adalah masa pembangunan dinding-dinding dan menara-menara Kremlin, yang masih terpelihara sampai saat ini. Dinding-dinding tersebut dibangun lebih tinggi dan lebih tebal dari dinding masa Dmitri Donskoi. Dinding tersebut dilapisi dengan bata merah.
ilustrasi denah Kremlin Moskow
Panjang keseluruhan dinding mencapai 2235 meter, tinggi dinding dari 5 sampai 20 meter, ketebalannya dari 3,5 sampai 6,5 meter. Pada masterplan kota Moskow Kremlin berbentuk segitiga tidak beraturan
dengan luas 27,7 hektar. Pada bagian atas dinding berbentuk sepeti gigi yang sedang menelan, itu merupakan elemen dasara arsitektur Italia. Kremlin Moskow memiliki 20 menara, dan semuanya berbeda, tidak ada yang sama bentuknya.
Setiap menara memiliki nama dan sejarahnya sendiri. Beberapa nama menara memiliki hubungan dengan fungsi dari menarai tersebut. Sebagai contoh menara Tainitskaya (dari kata yang berarti rahasia), dari menara tersebut ada pintu keluar bawah tanah yang menuju ke sungai. Jalan tersebut digunakan untuk mengambil air dalam keadaan benteng sudah dikepung musuh.
Menara Vodovzvodnaya 
 Ada menara Vodovzvodnaya (yang berarti pembawa air), dinamakan seperti seperti itu karena mesin, yang pernah ada di menara tersebut. Mesin tersebut mengangkat air dari sumur, yang dibuat di bawah ke atas ke tangki air yang besar. Dari sana setiap aliran pipa air menuju ke istana raja di Kremlin.
menara Nabatnaya
Menara lainnya adalah menara Nabatnaya. Di menara tersebut terus-menurus ada patroli. Dari ketinggian menara tersebut mereka dengan waspada mengawasi, apakah pasukan musuh menuju ke kota atau tidak. Jika bahaya mendekat, patroli  harus memberikan peringatan ke seluruh penduduk, membunyikan lonceng bahaya. Oleh karena itu, menara tersebut dinamakan Nabatnaya (yang berarti tanda bahaya).


Menara Spasskaya dengan
 burung elang berkepala dua
Selain itu ada juga menara Arsenalnaya (berarti gudang meriam), menara Oruzheinaya (berarti gudang senjata), menara Komendantskaya (berarti komando), dan seterusnya. Menara paling tinggi adalah menara Troistkaya (yang berarti trinitas dalam ajaran kristen), menara tersebut tingginya mencapai 79,3 meter, dan yang paling pendek adalah menara Kutafya, tingginya mencapai 13,5 meter. Beberapa menara memiliki gerbang untuk keluar-masuk. Yang paling terkenal adalah menara Spasskaya, yang pintu keluar menuju lapangan Merah. Gerbang menara Spasskaya dipercaya sebagai gerbang yang paling penting. Melalui gerbang tersebut tidak boleh masuk menggunakan kuda dan tidak boleh jalan dengan kepala tertutup. Melalui gerbang tersebut berjalan para pasukan yang akan bertempur di medan perang, ditempati ini juga mereka bertemu tsar dan para pejabat.

Menara Troitskaya

Semenjak abad XVI di menara Spasskaya ada jam yang mengeluarkan musik. Setiap jam ia mengeluarkan melodi yang berbeda. Setelah restorasi terakhir pada tahun 1999, jam tersebut mulai mengeluarkan melodi lagu kebangsaan Federasi Rusia. Dari abad XVII puncak menara Spasskaya dimahkotai elang berkepala dua. Pada tahun 30-an abad XX dan hingga sekarang, di puncak menara tersebut dihiasi dengan batu rubi bintang.

Menara Spasskaya dan jam Kurant
 dengan bintang batu rubin
 Pada abad XIV menara-menara Kremlin mendapatkan superstructure yang indah, yang dua kali lipat mempercantik Kremlin. Kecantikan kremlin diperkaya, dan memberikan pemandangan yang luar biasa. Pada masa Ivan III dan Vasiley III di akhir abad XV – awal abad XVI, di pusat Kremlin dibangun bagian penting lapangan gereja. Arsitek Italia Aristotel Fiorovanti mendirikan gereja Uspenskii – tempat ibadah penting pemerintahan Bangsa Rus.

Gereja Arkhangelskii

 Pada arah berlawanan lapangan ada karya Arsitektur Italia yang lain, Aleviz Novei (dalam bahasa inggris Aloisio the New), mendirikan gereja Arkhangelskii – makam para pangeran agung.
Gereja Blagoveschenskii
Di bagian barat daya lapangan tersebut berdiri gereja Blagoveschenskii, gereja rumah pangeran agung. Proses pembagunan disempurnakan dengan pendirian lonceng Ivan Agung. Gereja-gereja baru secara tradisi ditunjukan di tempat gereja-gereja pertama pertama batu putih Moskow masa Ivan Kalita dan Dmitrii Donskoi, dan digunakan untuk hari-hari besar serta suci agama kristen.
Gereja Uspenskii
Dari gereja-gereja tua ke yang baru dipindahkan secara hati-hati makam-makam, perlengkapan ibadah, buku-buku, dan lukisan-lukisan orang suci (Ikon). Pada abad XVII – XIX di Kremlin Moskow berlangsung pendirian bangunan-bangunan sekuler (yang tidak berhubungan dengan agama kristen bangsa Rus). 
Pada abad XVII-XVIII dibangun istana  Teremnoi, gudang-gudang senjata, dan bangunan untuk para senat. Dan pada abad XIX dibangun istana Bolshoi Kremlevski dan penyimpanan senjata.
Gereja St. Basil
Pada abad XVI dimulailah pembentukan lapangan Merah, dan sampai abad XVI disebut dengan “Torg”, kemudian “Troitska”, dan pada pertengahan kedua abad XVII menjadi “Merah”. Pada masa pemerintahan Ivan IV dibangun monumen indah arsitektur bangsa Rus yaitu gereja Pokrovski, yang orang-orang menyebutnya gereja saint Basil (dalam bahasa Rusia "собор Bасилия блаженного”. dibaca sabor vasiliya blazhennovo). Pada tahun 1712 ibukota imperium Rus dipindahkan ke Peterburg, namun Moskow masih menjadi pusat budaya dan agama.








Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus