Skip to main content

Sejarah Bangsa Rus Kuno Abad IX-XIII


Повести временых лет

Bangsa Slavia timur dan bentuk pemerintahannya

Sejarah Rusia dimulai dari tempat tinggal bangsa Slavia timur berdasarkan wilayah Eropa Timur pada seribu tahun pertama sesudah masehi. Bangsa Slavia Timur  merupakan nenek moyang orang-orang Rusia, Ukraina, dan Belarusia. Tentang sejarah kuno bangsa Slavia diketahui dari “Повести временых лет” (pavesti vremyennikh lyet), catatan pertama sejarah Bangsa Rus, yang ditulis oleh monakh (orang yang hidupnya melayani gereja dan Tuhan)  Nestor pada awal abad 12.
Pada abad VI – VIII bangsa Slavia Timur hidup dengan bertani dan berternak. Mereka juga berburu, memancing ikan, dan mengumpulkan madu lebah liar. Selain hal tersebut mereka juga membuat kerajinan tangan, seperti menenun, membuat senjata, perhiasan, dan sebagainya. Perekonomian pada saat itu didominasi oleh produksi alam.

Kepercayaan bangsa Slavia Timur kuno adalah paganisme. Dengan bantuan dewa-dewi mereka mencoba menjelaskan semua fenomena alam.




  Monakh Nestor

Bentuk pemerintahan Bangsa Rus kuno

Vladimir Svyatoslavovich
Bahaya serangan dari bangsa sekitarnya membuat Bangsa Rus kuno bersatu di bawah pemerintahan satu pangeran. Dan hal tersebut awal terbentuknya pemerintahan.

Catatan “Повести временых лет” (pavesti vremyennikh lyet) meneceritakan bahwa dinasti kepangeranan Bangsa Rus diawali di kota Novgorod. Pada tahun 862 penduduk Novgorod meminta bantuan perang yang dikomandoi oleh Pangeran Ryurik, dimana menjadi awal dinasti Ryurikovich.
Data pembentukan pemerintahan Bangsa Rus kuno diyakini tahun 882. Pada saat itu pangeran lain, Oleg, dan disebut di catatan “Повести временых лет” (pavesti vremyennikh lyet) sebagai kerabat Ryurik membuat barisan ke Kiev. Dia yang pertama menyatukan wilayah Slavia utara dan Selatan ke dalam satu pemerintahan. Kiev menjadi ibukota pemerintahan (dari sini asal mula sebutan pemerintahan Rus-Kiev).

Kepala pemerintahan  Bangsa Rus kuno adalah Pangeran agung Kiev. Kerabat keluarga pangeran menjalankan pemerintahan wilayah yang berbeda (lebih sering anak laki-laki yang sudah dewasa).
Semua kepangeranan awal Kiev (Oleg, Igor, Svyatoslav) memerintah pada akhir abad IX – X, menjalankan politik penyatuan wilayah Slavia Timur dan  mengerakan perlawanan terhadap serangan suku bangsa lain.


Pada akhir abad X pada masa kepangeranan Vladimir Svyatoslavovich (980 – 1015), politik penyatuan bangsa Slavia timur pada saat itu didukung oleh semangat persatuan. Pada tahun 988 terjadilah pembaptisan bangsa Rus. Bangsa ini menerima kekristenan sebagai agama nasional. Kekristenan pada bangsa Rus tersebut berasal dari kekaisaran Bizantium. Bangsa ini mengadopsi kekristenan ajaran kristen orthodoks.

 Ikon Yaroslav Mydrii (1019 – 1054)
Sistem perekonomian bangsa Rus – Kiev adalah feodalisme. Sebagian besar penduduk merupakan budak/petani. Mereka melakukan agrikultur, contohnya seperti bertani. Para budakpetani tersebut harus bekerja di tanah milik kaum Feodal dan hasil tanah tersebut akan diberikan sebagian ke mereka dari kaum tersebut.

Kemajuan paling tinggi bangsa Rus dicapai pada masa pemerintahan
Yaroslav Mydrii (1019 – 1054). Bangsa Rus menjadi salah satu pemerintahan terkuat di benua Eropa. Wilayah bangsa Rus membentang dari laut putih ampai laut hitam, dari Sungai Volga sampai Sungai Karpatia. Bangsa Rus – Kiev sangat terkenal di seluruh Eropa timur dan barat. Kepangeranan Kiev menjadi seperti kerajaan – kerajaan eropa pada umumnya, seperti kerajaan Perancis, Norwegia, Swedia, dan Bizantium.

Kota terbesar dan terkaya – Kiev (ibu kota pemerintahan) menjadi tujuan wisata. Pada masa bangsa Rus kuno, seni berkembang pesat,banyak sekolah dan perpustakaan dibangun, gereja gereja didirikan, dan ikon (lukisan orang suci) dibuat.

Setelah kematian  Yaroslav Mydrii terjadilah perseteruan antar pangeran – pangeran memperebutkan kekuasaan. Perlahan-lahan pemerintahan bangsa Rus – Kiev mulai kehilangan kekuatannya dan pada awal abad XII terpecah menjadi beberapa kepangeranan. Pada saat itu dimulainya periode perpecahan feodal.


Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -