Skip to main content

Olimpiade Munchen 1972, Masa Kelam Pertama Bola Basket Amerika Serikat

Logo Rio de Jaineiro 2016

Saat ini sedang berlangsung olimpiade 2016 di Rio de Jaineiro, Brasil. Dalam setiap perhelatannya, pentas olahraga tahunan ini pasti mencatatkan sejarah-sejarah yang unik yang kebanyakan orang tidak tahu.  Salah satunya terjadi pada saat olimpiade Munchen 1972. Pada olimpiade edisi ke 20 ini Uni Soviet menjadi juara umum dengan perolehan medali 50 emas, 27 perak, dan 22 perunggu. Disusul di posisi runner-up Amerika Serikat dengan perolehan medali 33 emas, 31 perak, dan 22 perunggu.



Tim Uni Soviet 

Tim Amerika Serikat 1972


Salah satu kejadian yang membuat spesial pada perhelatan tersebut adalah tumbangnya Amerika Serikat di tangan Uni Soviet pada cabang bola basket. Padahal negara uncle Sam tersebut tidak pernah merasakan kekalahan sebelumnya pada cabang bola basket semenjak diperlombakan di ajang olimpiade pertama kalinya di tahun 1936.

Jalannya pertandingan

Dari awal pertandingan tim Uni Soviet yang dimotori oleh Aleksandr Belov #14 sudah memimpin dengan skor 5-0 pada awal paruh pertama (sistem pada saat itu menggunakan 2 babak) atas tim Amerika Serikat yang dimotori Kenneth Davis #4 sebagai kaptennya, dan babak pertama berakhir dengan skor 26:21 untuk keunggulan Uni Soviet.

Drama terjadi dalam 8 detik terakhir waktu berakhirnya pertandingan. Pada saat itu Uni Soviet unggul dengan skor 49 : 48. Ketika itu terjadi foul yang dilakukan oleh Tim Uni Soviet sehingga tim Amerika Serikat mendapatan kesempatan lemparan free throw dan membuat kedudukan menjadi 49 : 50 untuk keunggulan Amerika Serikat dengan kondisi waktu tinggal 3 detik!

Setelah free throw tersebut pelatih Uni Soviet Vladimir Kondrashin meminta time out, tetapi  wasit pada saat itu terlambat meniup peluit dan bola sudah dilempar ke arena permainan, namun pertandingan itu diberhentikan oleh official dan wasit, mereka memutuskan memberikan time out pada tim Uni Soviet. Setelah time out  pertandingan tersebut dimulai, bola berhasil ditangkap oleh tim Amerika Serikat dan mereka sudah merayakan “kemenangan” tersebut, akan tetapi pertandingan harus diulangan karena pada score board menunjukan waktu pertandingan 50 detik!

Dengan kondisi pertandingan 3 detik lagi lemparan ke dalam kembali dilakukan oleh tim Uni Soviet, lalu dua pemain tim Amerika Serikat saling bertubrukan pada saat ingin menangkap bola, sehingga dengan mudah Aleksandr Belov menangkap bola dan memasukannya dengan leluasa. Dan inilah kekalahan pertama Amerika Serikat di cabang bola basket di ajang olimpiade.

Berikut cuplikan pertandingannya





Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus