Skip to main content

Forbes: 10 Perusahaan Swasta Terbesar di Rusia (part 6-10)

Majalah ekonomi terkenal Forbes merilis 10 perusahan swasta terbesar di Rusia. Dari 10 perusahaan tersebut mayoritas bergerak dibidang produks minyak dan gas.

6.         GK "Megapolis"


Sektor: Ritel
CEO: Alexey Koldunov 
Pendapatan: 580,1 milyar rubel.
laba bersih: 13,7 milyar  rubel.

Perusahaan ini adalah grosir produk tembakau terbesar di Rusia dengan kontrak ekslusif dengan beberapa perusahaan tembakau terbesar dunia seperti Japan Tobacco International, Philip Morris International, Imperial Tobacco Group.

Selain itu, mereka juga mempunyai kontrak jangka panjang dengan perusahaan bir “Baltika”, dan  kontrak yang ditandatangani dengan produsen besar kopi dan teh, serta kontrak dengan minuman energi Red Bull.

Pada 2015, 93% dari omset jaringan ritel berasal dari rokok, dan pendapatan tersebut meningkat 15,5% dibandingkan tahun sebelumnya.


7.         "Tatneft"


Sektor: Minyak dan Gas
CEO: Nail Maganov
Pendapatan: 552,7 milyar rubel.
hutang bersih: 6,44 milyar rubel.
Laba bersih: 105,8 milyar rubel.
Modal: 755 milyar  rubel.

Pemerintah Tatarstan mengontrol 26% perusahaan dan memiliki "saham emas" yang memberikan hak veto pada isu-isu manajemen. Direksi "Tatneft" yang diketuai oleh Presiden Republik Tatarstan Rustam Minnikhanov.

Secara keseluruhan, pada tahun 2015 perusahaan ini berhasil memproduksi 27,3 juta ton dan 8,6 juta ton minyak olahan.

8.         Evraz


Sektor: Besi dan baja
Presiden: Alexander Frolov
Pendapatan: 537,6 milyar rubel.
Hutang bersih: 328 milyar  rubel.
Rugi bersih: 44 milyar  rubel.
Kapitalisasi: 21,2 milyar USD

Salah satu perusahaan baja dan pertambangan Rusia terbesar - Evraz Plc - terdaftar di Inggris dan sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek London, dan perusahaan yang berlokasi di Amerika Serikat, Kanada, Republik Ceko, Italia, Kazakhstan, Afrika Selatan dan Ukraina.

Didirikan pada tahun 2011 Evraz Plc - adalah yang kedua dalam “reinkarnasi” perusahaan. Didirikan pada tahun 1992 dan disebut "Evrazmetall" di Rusia, dan pada tahun 2004 perusahaan induk itu kembali terdaftar di Luxembourg sebagai Grup Evraz.

Pemegang saham terbesar Evraz adalah milyarder Roman Abramovich dan Alexander Abramov dan Alexander Frolov.


9.         UC Rusal


Sektor: Non-ferrous metalurgi 
Presiden Oleg Deripaska
Pendapatan: 532,3 milyar rubel.
Hutang bersih: 513,4 milyar rubel.
Laba bersih: 34,2 milyar rubel.
Modal: 378,1 milyar rubel.

Pada akhir tahun 2015 harga dunia untuk aluminium mencapai posisi terendah dalam enam tahun terakhir, jatuh di bawah USD 1.500 per ton.

Namun, ini tidak mencegah Rusal untuk pertama kalinya sejak tahun 2011 mendapatkan laba bersih tahunan sebesar  USD 558 juta.


10.         TAIF


Sektor: Minyak dan Gas
CEO: Albert Shigabutdinov
Pendapatan: 524,2 rubel.

TAIF Grup jaringan perusahaan yang paling menarik dari Tatarstan,didalamnya ada perusahaan kimia "Kazanorgsintez" dan "Nizhnekamskneftekhim".

Pemilik TAIF, Radik dan Airat Shaimiev, termasuk dalam daftar kedua “seratus orang terkaya” versi Forbes dengan kekayaan masing-masing sebesar USD 700 juta.
Selama enam bulan terakhir, menurut perkiraan Forbes, kondisi mereka telah meningkat USD 300 juta karena pertumbuhan keuntungan perusahaan petrokimia milik mereka.

Shaimiev merupakan keluarga terkaya Tatarstan, sekaligus termasuk dalam lima keluarga terkaya Rusia, menurut Forbes.


Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -