Skip to main content

Indonesia di “New Wave” (Video)

Sebelum membahas Indonesia  di “New Wave”, lebih baik kita membahas terlebih dahulu apa itu “New Wave”.

“New Wave” atau dalam bahasa Rusia “Новая волна” (dibaca: novaya volna) adalah kontes bernyanyi diinisiasi oleh dua komposer dari 2 negara, yaitu Igor Krutoy (Rusia) dan Raimonds Pauls (Latvia).  Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002, dari tahun itu sampai tahun 2014 ajang ini bertempat di Latvia, di kota Jurmala. Setelah itu, dari tahun 2015 sampai sekarang mengambil tempat di Sochi, Rusia.


Penyanyi-penyanyi yang mengambil bagian dalam festival ini tidak hanya dari negara-negara Eropa Timur pecahan Uni Soviet, namun dari seluruh dunia. Negara-negara yang mengambil bagian di ajang ini adalah Latvia, Rusia, Armenia, Belarusia, Jerman, Georgia, Italia, Kazakstan, Kanada, Makedonia, Ukraina, Swedia, Finlandia, Israel, Estonia, Prancis, Rumania, Ceko, Yunani, Amerika Serikat, Azerbaijan, Bulgaria, Brazil, Indonesia, Polandia, Moldovia, Kirgistan, RRC, Uzbekistan, Irlandia, Denmark, Inggris Raya, Austria, Togo, Lithuania, Meksiko, Nigeria, Vietnam, Kuba.


Tidak seperti ajang yang pemenangnya ditentukan berdasarkan voting dari para penonton melalui media sosial, sms, atau telepon, dalam festival ini pemenang ditentukan oleh sekelompok juri. Para juri yang terdiri dari 12 orang merupakan para penyanyi, komposer, dan produser yang berpengalaman akan memberikan nilai dari skala 1-10 dari setiap penampilana. Setiap penyanyi mendapatkan kesempatan 3 kali. 

Dari 15 penyelenggaraan ajang ini, Indonesia ikut berpartisipasi sebanyak 3 kali. Para Penyanyi itu adalah:

1. Sandy Sandoro




Pada keikutsertaannya yang pertama di tahun 2009, Indonesia yang diwakili oleh Sandy Sandoro menjadi juara pertama di ajang yang setiap tahun ini diselenggarakan.
Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Sandy Sandoro adalah “When a man loves a woman” (Michael Bolton) mendapatkan poin 119, Malam Biru (Sandy Sandoro) mendapatkan poin 119, End of the rainbow (Sandy Sandoro) mendapatkan poin 120.

video salah satu penampilan di ajang tersebut



2. Elva Patty



Pada keikutsertaannya yang kedua, Indonesia diwakili oleh Elva Patty di tahun 2013. Pada kesempatan kali ini Elva Patty meraih posisi 10.

video penampiallnya berduet dengan Sandy Sandoro di NewWave 2013


3. Milane Fernandez



Sejauh ini adalah penampilan terakhir Indonesia pada ajang ini. Pada tahun 2015 Indonesia diwakili oleh Milane Fernadez. Perempuan berdarah Jerman ini eraih posisi runner-up. Lagu-lagu yang dibawakan olehnya adalah “Still got the blues (for you)”. “Cold Sky” (berduet dengan Roberto Kel Torres), “Aku mau kamu tau”.

salah satu penampilannya dengan lagu "Still got the blues (for you)"


Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -