Skip to main content

Rating QS: 8 Institusi Pendidikan Tinggi Rusia Masuk dalam Top 400 Universitas Terbaik di Dunia

Saat ini Rusia bisa menjadi alternatif untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Selain biayanya yang bisa dikategorikan murah, kualitas pendidikan yang ditawarkan juga bisa bersaing dengan universitas-universitas dari eropa barat. 8 institusi pendidikan tinggi yang masuk dalam top 400 univesities in the world bisa menjadi refrensi anda.

8 institusi pendidikan tinggi Russia masuk dalam jajaran Top 400 universitas di dunia. Daftar peringkat universitas tersebut dikeluarka oleh Quacquarelli Symonds. Sebelumnya hanya 5 institusi pendidikan tinggi Rusia yang berhasil masuk dalam daftar Top 400.


Moscow State University

Московский государственный университет (baca: moskovski gasudarstvennei universtet) atau dalam bahasa inggrisnya Moscow State University menempati peringkat 108, posisi tersebut merupakan yang terbaik diantara institusi pendidikan tinggi Russia dan lembaga pendidikan yang didirikan oleh ilmuwan Rusia Lomonosov ini berhasil menjaga posisinya jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


St. Petersburg State University

Berikutnya ada Санкт-Петербургский государственный университет (dibaca Sankt-peterburgskii gasudarstvennei universtet) atau dalam bahasa inggris disebut St. Petersburg State University. Universitas pertama di Rusia ini menempati peringkat 258 dunia. Peringkat tersebut lebih rendah 2 tingkat daripada tahun sebelumnya. Vladimir Putin dan Dmitrii Medvedev merupakan lulusan dari universitas ini.

 
Novosibirsk State University


Lalu ada Новосибирский государственный университет (baca: Novosibirskii gasudarstvennei universtet) atau dalam bahasa inggris disebut dengan Novosibirsk State University. Universitas yang disingkat menjadi NSU ini berhasil naik 26 peringkat dan berada di posisi 291.
 
Moscow State Technical University

Institusi pendidikan Rusia lainnya yang masuk top 400 ada Московский государственный технический университет (baca: moskovski gasudarstvennei tekhnicheskii universtet) atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Moscow State Technical University. Universitas yang dikenal dengan nama universitas Bauman, menempati peringkat 306 dunia, lebih baik 32 peringkat dibandingkan posisinya tahun lalu.

 
Moscow Institute of Physics and Technology
Ada Московский физико-технический институт (baca: moskovski fizika tekhnicheskii institut) dalam bahasa inggris dikenal dengan Moscow Institute of Physics and Technology (MIPT) pada tahun ini lebih baik 80 peringkat dibandingkan tahun lalu. Saat ini mereka menempati posisi 350 dunia.
 
Moscow State Institute of International Relations

Moscow State Institute of International Relations atau dalam bahasa rusia disebut dengan Московский государственный институт международных отношений (moskovski gasudarstvennei institut meshdunarodnei atnashenii) ini merupakan institusi pendidikan tinggi Rusia lainnya yang masuk top 400. Universitas yang dulu menjadi tempat Sergey Lavrov, menteri luar negeri Rusia saat ini, menempati peringkat 350 dunia.


Tomsk State University 



National Research Tomsk Polytechnic University 

Selanjutnya ada dua universitas dari kota Tomsk, yaitu Tomsk State University (peringkat 377) dan National Research Tomsk Polytechnic University (peringkat 400 dunia).

Berdasarkan peringkat-peringkat yang diraih oleh universitas-universitas tersebut, institusi pendidikan Rusia mengalami perbaikan,dan hal tersebut menunjukan proses internasionalisasi yang berlangsung di sistem pendidikan Rusia. proses internasionalisasi tersebut mencakup peningkatan kuantitas mahasiswa dan tenaga pengajar asing di institusi pendidikan tinggi Rusia.



Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -