Skip to main content

Modul “Schiaparelli” Mendarat di Mars

Pesawat misi Rusia-Eropa “ExoMars-2016” jatuh ke permukaan dari ketinggian 2 sampai 4 kilometer.

Seperti yang dirilis oleh interfax.ru pada 21 oktober 2016, Modul ekspedisi “Schiaparelli” misi Rusia-Eropa “ExoMars-2016” mendarat di Mars, keterangan Badan Antariksa Eropa (BEA).


Dalam keterangannya, dalam situs resmi BEA, dikatakan bahwa penyelidikan NASA menemukan tempat pendaratan modul tersebut.  “Schiaparelli” jatuh dari ketinggian 2 sampai 4 kilometer dan dengan kecepatan yang sangat tinggi, lebih dari 300 kilometer per jam. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa modul tersebut meledak setelah bertubrukan dengan permukaan Mars, dalam pernyataan BEA.

Sebelumnya Badan Antariksa Eropa (BEA) mengatakan bahwa dari modul “Schiaparelli”, di permukaan Mars 19 oktober 2016, signal tertangkap, namun data telemetri tidak ada.

pendaratan Modul "schiaparelli"  erv/vostock-photo
Modul masuk ke atmosfer Mars dengan ketinggian sekitar 122,5 km dengan kecepatan sekitar 21000 km/jam. Parasut terbuka pada ketinggian sekitar 11 km dalam kecepatan 1650 km/jam.

Pada konfrensi pers terakhir pada hari kamis, kepala misi “ExoMars-2016” Andrea Accomazzo mengatakan bahwa “komunikasi dengan modul ekspedisi hilang selama 50 detik sebelum pendaratannya”.

Misi Rusia-Eropa “ExoMars-2016” dimulai pada 14 maret 2016 dengan peluncuran dari lapangan pesawat luar angkasa roket Baikonur “Proton-M” dengan mesin antariksa, dengan komposisi modul pengorbit TGO (Trace Gas Orbiter) dan modul penjelajah “Schiaparelli”. Pada 19 oktober kemarin modul TGO keluar ke orbit Mars.

Modul pengorbit KA TGO dirancang untuk penyelidikan kotoran gas kecil atmosfer dan pendistribusian es cair dalam tanah Mars. Penelitian ruang angkasa Rusia menyiapkan dua perangkat untuk modul TGO; spektrometris kompleks Atmospheric Chemistry Suite dan spektometer neutron Fine Resolution Epithermal Neutron Detector.

Modul ekspedisi “Schiaparelli” seharusnya menguji sejumlah teknologi, penjaminan pengendalian peluncuran dan pendaratan ke Mars dalam rangka persiapan untuk misi selanjutnya.

Di dalam modul terdapat paket perangkat ilmiah, yang dirancang untuk mencatat kecepatan angin, kelembapan udara, tekanan dan temperatur selama pendaratan . Diharapkan, bahwa perangkat tersebut juga mendapatkan data-data ilmiah pertama menurut medan listrik pada permukaan Mars, yang dikombinasikan dengan penelitian pemfokusan debu atmosfer menjamin pemahaman baru peran kekuatan elektrik dalam proses terjadinya badai debu di hotel tersebut.

sumber interfax.ru

Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -