Skip to main content

Ded Maroz (Djed Maroz), Santa Claus ala Eropa Timur

Pada bulan desember ada satu hari penting bagi orang kristen di dunia yaitu hari kelahiran Yesus. Selain sosok Yesus sendiri, ada satu sosok lain yang selalu menghiasi bulan desember, dia adalah Santa Claus atau Sinterklass.

kartu natal Ded Maroz dan cucunya Snegarochka

Akan tetapi sosok Santa Claus yang berperawak gendut, berjenggot panjang, berpakain merah, serta memiliki banyak rusa sepertinya hanya milik eropa barat atau amerika serikat, karena untuk eropa timur khususnya Rusia, Belarusia, dan Ukraina, mereka memiliki versi yang agak berbeda dibandingkan Santa Claus, dia adalah Ded Maroz dalam bahasa rusia ditulis Дед Мороз  (dibaca djed maroz).

 

Menurut penelitian Svetlana B. Adonyeva, cerita mengenai Ded Maroz sudah ada pada akhir tahun 1930-an, dan berhubungan pelarangan pohon terang di jaman Uni Soviet. Perbedaan mendasar antara Santa Claus, Ded Maroz memiliki seorang cucu yang bernama Snyegarochka (dalam bahasa rusia ditulis Снегу́рочка). Karakater ini dikenal sebagai asisten Ded Maroz dalam membagi-bagikan hadiah di malam tahun baru.

 

Di dalam kristen ortodox slavia timur, sosok ini merupakan sosok yang muncul di tahun baru. Jadi perbedaan lainnya, jika Santa Claus sosok di malam natal, Ded Maroz sosok pemberi hadiah di tahun baru (tidak ada hubungannya dengan hari natal).

Ded Maroz
Santa Claus


Berikut beberapa perbedaan antara Santa Claus dengan Ded Maroz

1.      Secara fisik Santa Claus terlihat bulat, gemuk, dan bentuk jenggotnya melingkar; sedangkan Ded Maroz terlihat lebih tinggi, tidak gemuk, dan jenggotnya penjang ke bawah.

2.      Santa Claus identik dengan warna merah, sedangkan Ded Maroz bisa berbaju biru, putih, silver, dan merah juga.

3.      Secara Fashion Santa Claus memakai topi runcing dengan pompom (bulatan kecil) diujungnya, sedangkan Ded Maroz menggunakan topi kaum boyar klasik. Santa Claus memakai mantel merah, sedangkan Ded Maroz menggunakan mantel panjang yag menutup sampai kaki. Santa Claus terkadang terlihat menggunakan kacamata, sedangkan Ded Maroz tidak, ia memegang sebuah tongkat.

4.      Santa Claus menggunakan rusa terbang, sedangkan Ded Maroz menggunakan tiga kuda. Santa Claus dibantu oleh para elf untuk menyiapkan hadiah-hadiah, sedangkan Ded Maroz dibantu oleh cucunya, Snyegarochka.

5.      Santa Claus memberikan hadiah secara diam-diam di kaos kaki yang disiapkan pada malam natal, sedangkan Ded Maroz memberikan secara langsung kepada anak-anak, atau secara diam-diam menaruh hadianya di bawah pohon terang.

 


Itulah Ded Maroz, seorang kakek yang dinantikan oleh anak-anak eropa timur pada malam tahun baru. 


BACA JUGA:







Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus