Skip to main content

10 Masjid Termegah di Rusia

salah satu foto perayaan Idul Adha di Moskow    Foto: Reuters

Rusia selalu memiliki cerita yang menarik untuk dibagikan ke orang bayak. Salah satunya mengenai keberagaman agama yang ada di negara bekas Uni Soviet itu.

Di Rusia sendiri mayoritas warganya adalah penganut agama kristen orthodoks, namun jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa, Rusia memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya mesjid besar yang ada di negara terbesar di dunia tersebut. Berikut 10 masjid terbesar di Rusia:


10. Masjid Pusat Kota Nazran

Foto: Ria Novosti / Valeriy Melnikov
Masjid pusat di kota Nazran dulunya dibangun sekitar 20 tahun yang lalu. Dinamakan dengan Muhamad-Basir Ozdoev, untuk menghormati tokoh yang meninggal pada saat konflik Ossetia-Ingushetia pada tahun 1992. Masjid ini sendiri dirancang untuk bisa menampung sekitar 2 ribu jamaah.

9. Masjid Besar Surgut

Foto: russialook.com
Masjid ini terletak di wilayah pengunungan Ural bagian utara. Sama seperti masjid di Nazran, masjid ini memiliki kapasitas untuk 2 ribu oran. Menariknya, dulunya di dalam masjid ini terdapat madrasah terbuka, yang digunakan untuk pendidikan sekolah menengah dan acara seminar kerohanian. Hiasan pada ruang doa merupakan karya para ahli dari wilayah Ufa dan Naberezhnye Chelny

8. Masjid Pusat Alkhan-Yurt

Foto: commons.wikipedia.com
Pada tahun 2012 diresmikan salah satu masjid terbesar di kota Chechnya, yang terletak di di desa Alkhan-Yurt, distrik Urus-Martan. Masjid ini mampu menampung lebih dari 2 ribu orang sekaligus. Pada lantai bawah ada madrasah dengan kapasitas sampai 300 orang dengan fasillitas terpisah untuk anak laki-laki dan perempuan dan juga ruang untuk sholat jumat bagi perempuan. Masjid ini dinamakan Haji Magomed Bashir Arsanukaev, seorang penduduk lokal yang merupakan mantan mufti Chechnya.

7. Masjid Agung Samara

Foto: russialook.com
Masjid agung Samara menjadi masjid terbesar ketujuh di Rusia, yang mana masjid ini dapat menampung skitar 5 ribu orang sekaligus untuk sholat. Di dalam komplek banguna terdapat sebuah madrasah “Nur”, yang dirancang dengan kapasitas 60 murid. Luas tanah komplek masjid ini 4800 m². Masjid ini diresmikan untuk para jamaah pada 28 November 1999. Bangunan ini merupakan bangunan dari bahan bata dengan menara setinggi 67 meter dan diameter kubah sebesar 13,5 meter yang disiapkan oleh Rasim Valshin.


6. Masjid Agung Nizhny Novgorod

Foto: commons.wikipedia.com
Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Rusia. Bangunan ini dibuka pada tahun 1915 di wilayah Kazanskaya Naberezhnaya, salah tepi sungai Volga di kota Nizhny Novgorod. Masjid ini merupakan milik masyarakat Tatar kota dan dapat menampung 5 ribu jamaah. Pada tahun 1994 di sekitar masjid dibangun sebuah madrasah “Makhinur”. Sebelumnya kegiatan belajar dilakukan di lantai dua masjid ini.

5. Masjid Sultan Delimkhanov di desa Dzhalka

Foto: Ria Novosti / Said Tsarnayev
Pada tahun 2011 diresmikan salah satu masjid terbesar pada saat itu. Bangunan masjid tersebut terletak di desa Dzhalka. Bangunan ini memiliki kapasitas 5 ribu tempat. Pembukaan masjid ini bertepatan dengan ulang tahun ke 60 presiden republik Chechnya, pahlawan Rusia Haji Akhmat Kadyrov.

4. Masjid Agung St. Peterburg

Foto: commons.wikipedia.com
Sama seperti masjid di Dzhalka, masjid yang terletak di utara Rusia ini dapat menampung 5 ribu jamaah. Proses pembangunan masjid ini dilakukan pada masa imperium Rusia. Proses pembangunan ini merupakan hasil pertimbangan politik Aleksandr III menyatukan Asia tengah dan menghormati kepentingan masyarakt muslim. Bangunan ini bergaya sekolah arsitektur Samarkand dan Kairo.


3. Masjid “Heart of Chechnya” Akhmat Kadyrov

Foto: commons.wikipedia.com
Masjid ini terletak di ibukota republik Chechnya, Grozhiy. Proses pembangunan ini diselesaikan pada 16 oktober 2008. Masjid “Heart of Chechnya” ini juga dinamakan Masjid Haji Akhmat Kadyrov. Luas masjid sendiri 5000 m², dan kapsitasnya lebih dari 10 ribu orang. “Heart of Chechnya” dibangun dengan gaya ottoman klasik, dan dipercaya sebagai salah satu masjid terindah di Rusia. Ruang utama masjid ini ditutup oleh kubah berdiameter 16 meter dan tinggi 32 meter. Selain itu masjid ini memiliki 4 menara setinggi 63 meter, dan menjadi salah satu menara tertinggi di wilayah Rusia.


2. Masjid Agung Moskow

Foto: European pressphoto agency
Dibuka secara resmi pada 23 september 2015, masjid ini menempati peringkat kedua untuk kapasitasnya. Memang belum ada laporan resmi yang menyatakan bahwa 10 ribu jamaah berdoa bersama sekaligus. Akan tetapi ada kemungkinan akan hal tersebut, dikarenakan masjid ini dibuka secara umum. Luas masjid ini 18,9 ribu m², tidak diragukan lagi menjadi salah satu masjid termegah di Rusia.

Ketinggian kubah mencapai 46 meter, dan menara-menaranya mencapai ketinggian 72 meter, dan sementara ini merupakan rekor bagi Rusia.

1. Masjid Agung Makhachkala "Yusuf Bey Dzhami"

Foto: Ria Novosti / Vladimir Fedorenko
Salah satu masjid tercantik di Rusia adalah masjid agung di Makhachkala, yang dibangun seperti masjid biru di Istambul yang legendaris itu. Menariknya, bahwa ada kemungkinan pembangunan masjid ini merupakan bantuan dari salah satu keluarga kaya dari Turki. Pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1997. Setelah rekonstruksi di tahun 2007 masjid ini mampu menampung sampai 15 ribu orang.

sumber aif.ru

============================

BACA JUGA






Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus