Skip to main content

Hampir 80% Warga Rusia Menyebut Tiongkok sebagai Partner dan Teman

foto RIA-Novosti Xi Jinping dan Vladimir Putin

Moskow, 7 Februari, seperti dirilis oleh kantor berita online interfax.ru, pada pandangan mayoritas warga Rusia, Tiongkok merupakan partner strategis 50% dan pemerintahan yang bersahabat (27%), namun sebagian kecil memandang negara tersebut sebagai negara pesaingan di bidang ekonomi dan politik (10%), dan sebagai musuh (5%). Survei tersebut merupakan hasil analisa Pusat Penelitian Opini Publik Rusia, yang diadakan pada 28-29 januari kepada sekitar 1200 warga Federasi Rusia.


Berdasarkan opini responden, pada dekade yang akan datang Tiongkok akan menjadi sekutu Rusia (37%), teman dekat (38%). Dan hanya 14% yang menanggap bahwa Tiongkok akan menjadi negara tetangga yang berbahaya, 2% berpendapat akan menjadi musuh.

Perbincangan tentang penempatan rudal strategis oleh Tiongkok pada perbatasan dengan Rusia, para responden tidak menghiraukannya, 18% menjawab hal tersebut dengan penempatan rudal atau pemasangan anti-rudal, 16% menjawab lebih waspada, memantau situasi.

Satu dari empat orang berpandangan bahwa pemerintah Rusia tidak perlu menanggapi fakta ini (24%). Dan yang ragu-ragu menjawab sebanyak 25%.

Dalam kasus memburuknya hubungan Tiongkok dan AS, warga Rusia memilih negaranya untuk menjaga netralitasnya (53%). Meskipun begitu, siapa yang berpandangan tentang kemungkinan ikut campur dalam konflik, mereka lebih memilih untuk ada di pihak Tiongkok, 29% menyatakan harus cermat untuk mendukung Tiongkok, tapi tidak ikut campur dalam konflik dan untuk mengembangkan hubungan dengan kedua negara tersebut, 4% secara terbuka mendukung Tiongkok. Hanya 6% yang mengatakan untuk memberikan dukungan terhadap pihak Amerika Serikat.

sumber interfax.ru

====================

BACA JUGA



Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus