Skip to main content

Jawara Catur Dunia Asal Rusia

Ilustrasi
Selain tenis, orlahraga catur merupakan salah satu olahraga yang identik dengan Rusia. Dari negara ini ada legenda catur dunia yang sangat terkenal, dialah Garry Kasparov. Akan tetapi, Kasparov bukanlah satu-satunya juara dunia dari Rusia. Berikut ini para juara catur dunia asal Rusia.

1. Aleksandr Alekhin


Alekhin, yang memiliki nama lengkap Aleksandr Aleksandrovich Alekhin ini, merupakan juara catur dunia keempat. Dia belajar mengenai permainan catur ketika dirinya berusia 7 tahun.pada saat itu Alekhin kecil belajar tentang catur dengan kakak dan ibunya.

Pada tahun 1909 dia mendapatkan gelar master, ketika berhasil menjadi pemenang di turnamen yang diadakan di kota Peterburg, pada usianya baru 16 tahun. Alekhin menjadi juara dunia di kota Bueno-aires ketika dirinya mengalahkan José Raúl Capablanca pada tahun 1927.

Setelah kemenangan tersebut, dirinya berhasil mempertahankan gelar tersebut dua kali, dan gelar tersebut dipegangnya sampai meninggal.



2. Mikhail Moiseyevich Botvinnik


Mikhail merupakan juara dunia catur keenam. Mikhail lahir pada tahun 1911, dan ketika berumur 12 tahun dirinya berkenalan dengan permainan catur dan belajar permainan tersebut dari buku.

Mikhail ini merupakah salah satu pionir permainan catur di komputer. Selain itu dia salah satu orang yang menggagas untuk kejuaran catur tingkat dunia setelah perang dunia kedua.



3. Vasily Vasilyevich Smyslov


Vasily Vasilyevich Smyslov merupakan juara dunia ketujuh. Dirinya menjadi juara dunia setelah mengalahkan Botvinnik pada tahun 1957, namun selang satu tahun kemudian dirinya yang mengalami kekalahan dari Botvinnik.

Smyslov merupakan pemegang medali emas terbanyak pada cabang catur, dirinya memiliki 17 medali, 10 diantaranya merupakan medali emas.






4. Boris Vasilievich Spassky


Lahir pada tahun 1937 di Leningrad, sekarang menjadi Peterburg. Dirinya merupakan juara dunia kesepuluh. Spassky mendapatkan gelar dunia setelah dirinya mengalahkan Tigran Pestroyan (Georgia) pada tahun 1969.

Spassky berkenalan daengan catur pada usia 5 tahun, dan menjadi seorang grandmaster pada tahun 1955, pada saat umurnya baru menginjak 17 tahun. Dirinya berhasil mempertahankan gelarnya selama 3 tahun.





5. Anatoly Karpov


Pria yang bernama lengkap Anatoly Yevgenyevich Karpov ini merupakan juara catur dunia ke dua belas. Karpov lahir pada tahun 1951, dan ketika berumur 4 tahun dirinya sudah mulai belajar mengenai permainan ini.

Pada usia 15 tahun dirinya sudah mendapatkan gelar master, dan pada usia 19 tahun mendapatkan gelar grand master. Dirinya mendapatkan juara dunia pada tahun 1975. Sejarah mencatat bahwa dirinya merupakan pemenang terbanyak kejuaran dunia catur.

6. Garry Kasparov


Garry Kimovich Kasparov mungkin bisa dikatakan sebagai legenda di percaturan modern, selain nama Karpov. Kasparov sendiri lahir di Baku (ibukota Azerbaijan) pada tahun 1963. 

Di usia yang baru menginjak 17 tahun, dirinya sudah medapatkan gelar grand master. Pada 10 november 1985, dirinya mengambil gelar juara dunia dari tangan Karpov. Pertarungan antara Kasparov dan Karpov pada waktu itu merupakan salah pertarungan terkuat di sejarah catur.

Pada saat ini Kasparov aktif di bidang sosial. Dirinya merupakan direktur salah satu yayasan amal dunia. dirinya bahkan sempat berniat mengikuti ajang pemilihan presiden Rusia, namun gagal.


7. Vladimir Borisovich Kramnik


Lahir di Krasnodar Krai pada tahun 1975. Pada usia 11 tahun dirinya masuk ke sekolah catur Botvinnik, sang juara catur ke enam. Dia mendapatkan gelar grand master di tahun 1991, ketika usianya baru 16 tahun.

Kramnik berhasil mendapatkan gelar juara dunia, setelah dirinya berhasil mengalahkan Kasparov di London pada tahun 2000.

Sampai saat ini dirinya masih aktif mengikuti kejuaran catur tingkat dunia.


sumber levico.ru

==============================

BACA JUGA





Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus