Skip to main content

Jumlah Masjid Di Wilayah Federasi Rusia Lebih Dari 7 Ribu


Masjid di Moskow     Foto: European Photo Agency
Lebih dari 7 ribu lebih masjid saat ini yang ada di Rusia. Jumlah itu merupakan kenaikan 70 kali lipat dalam 30 tahun terakhir, kata perwakilan Dewan Mufti Rusia (DMR) Ravil Gainutdin.


“Dalam perkembangan jumlah masjid lebih merupakan cerminan dari proses penyebaran islam di Rusia. Jika pada pertengahan tahun 1980-an di wilayah Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia terdapat kurag dari 100 masjid, namun sekarang jumlahnya meningkat menjadi 7 ribu”, kata Gainutdin, di depan para mahasiswa Northern Arctic Federal University dalam kunjungan mereka ke Arkhangelsk.

Kepala dewan mufti Rusia saat ini mengatakan bahwa angka ini dua kali lebih sedikit dari jumlah masjid yang ada pada pertengahan tahun 1920-an, dia menambahkan , bahwa “dinamikanya sendiri membawa karakter yang belum ada sebelumnya”. “Perkembangan masjid, kebanyakan dari masjid yang memiliki maktab (sekolah islam sejak dini), menjadi langkah awal terhadap rekonstruksi infrastruktur muslim yang stabil di Rusia”, kata mufti, yang tulisannya dipublikasikan di situs DMR.

Berdasarkan perkataan Gainutdin, yang masih menjadi permasalahan adalah ketidakcukupan jumlah masjid secara jelas di sejumlah pusat-pusat kota, terutama di wlayah barat Rusia dan di wilayah distrik federal selatan.

Kepala DMR mengakui bahwa setelah pembubaran Uni Soviet di kota-kota besar di Rusia bagian Eropa dan Siberia, dulunya hampir masyarakat muslim adalah bangsa Tatar, “Ada kenaikan jumlah pendatang dari wilayah Kaukasus Rusia, dari Azerbaijan dan Asia Tengah. Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat di wilayah-wilayah, khususnya distrik federal tengah dan barat laut, yang berhubungan terhadap perkembangan jumlah masjid harus cukup cermat. Dalam hal ini diperlukan dialog yang baik bagi semua pihak yang berkepentingan”, kata Gainutdin.

Masjid di St. Peterburg    Foto: commons.wikipedia.com
Berdasarkan data DMR, jumlah penduduk muslim di Moskow sekitar 2 juta orang, dan di oblast (provinsi) Moskowskaya 650 orang, di St. Peterburg dan oblast Leningradskaya 750 orang. Jumlah penduduk muslim di seluruh Rusia sekitar 20 juta jiwa.

Sumber ria.ru pada 17 November 2014

===============================

BACA JUGA






Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Top 5 Russian Films tentang PD II

1. “The Cranes Are Flying” (1957) karya Mikhail Kalatozov Film yang mempunyai judul asli Летят журавли (baca: Letyat zhuravli) ini diproduksi pada tahun 1975. Film tersebut dipilih oleh kritikus film Rusia sebagai film terbaik pada peringatan 50 tahun pertama industri film Rusia. Film ini mengalahkan film-film klasik bertema PD II lainnya seperti "Ballad of a Soldier" (1959) karya Grigorii Chukhrai, "Fate of a Man" (1959)-nya Fedor Bondarchuk, dan "Ivan’s Childhood" (1962) karya Andrei Tarkovsky. Plot Veronica dan Boris berjalan di jalan-jalan Moskow, mereka saling mencintai satu sama lain. Veronica tertawa, karena mereka bahagia bersama pagi ini. Mereka melihat beberapa burung bangau terbang di langit. Ketika tiba di rumah Veronica ,mereka berbicara tentang sebuah pertemuan di tepi sungai. Dan PD II meletus di Moskow. Boris bekerja di pabrik dan ia tidak punya waktu untuk berbicara dengan Veronica, dan situasi sulitpun memaksa dirinya harus