Skip to main content

Sergei Brin, Salah Satu Pendiri Google Kelahiran Moskow

18 tahun Google
Hari ini, sesuai dengan doodle-nya Google merayakan hari jadinya yang ke 18. Namun dari kita banyak yang tidak tahu bahwa selain Larry Page, Sergei Brin juga penemu mesin pencari paling terkenal di dunia. Berikut biografi Sergei Mikhailovich Brin.


Sergei Mikhailovich Brin lahir pada 21 agustus 1973 di Moskow. Ayahnya, Mikhail Israelevich Brin, bekerja di institut Matematika-Ekonomi, dan ibunya, Yevgeniya merupakan seorang insinyur di salah satu lembaga penelitian. Pada tahun 1979, Sergei kecil dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat karena situasi anti-semitisme. Di sana Mikhail bekerja di Universitas Maryland, dan Yevgeniya Brin berkarir di NASA.

Pendidikan dasar Brin didapatnya di sekolah “Adelphi”, tidak jauh dari ayahnya bekerja, dan pendidikan menengahnya diterimanya dari sekolah “Greenbelt”, yang terletak tidak jauh dari sekolah sebelumnya. Beberapa kali ia juga mnghadiri sekolah Yahudi di sinagoge “Mishkan Taurat”, tapi dia tidak menyelesaikannya. Sergei mendapatkan komputer pertamanya dari ayah, Mikhail, pada hari ulang tahun yang kesembilan.

Pada tahun 1990-1993 Brin belajar di Universitas Maryland, dimana dia mendapatkan beasiswa sarjana pada jurusan matematika dan informatika. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Maryland, Brin mendapatkan kembali beasiswa dari National Science Foundation untuk pendidikan lanjutan. Akan tetapi Institut teknologi Massachusetts tidak menerima dirinya, dan pada september 1993 Brin diterima di Universitas Stanford, dan selang dua tahun kemudian dia menerima gelar master dan melanjutkan pendidikannya ke tahapan doktor.

Larry page dan Sergei Brin
Di Universitas Stanford Brin menunjukan ketertarikannya pada pertanyaan penurunan informasi dari sumber yang tidak terstruktur. Pada tahun 1995 (versi lainnya menyebutkan, musim panas tahun 1996) Brin berkenalan dengan mahasiswa doktoral lainnya Larry Page. Selang kemduian mereka bersama mulai mempelajari masalah sistem penyajian informasi , yang terdapat di suatu jaringan, dan membangun mesin pencari atau search engine. Pada september 1997 Brin dan Page mendaftarkan domain google.com untuk mesin pencari. Pada tahun 1998 mereka mempublikasikan artikel "The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine", yang mendeskripsikan dasar-dasar fungsi mesin pencara google, dan semenjak saat itu menjadi salah artikel informatika yang paling populer.

Page dan Brin mencoba menjual prinsip-prinsip penyusunan mesin pencari yang telah dikembangkan dengan harga 1 juta USD, dan semua calon pembeli menolaknya. Kemudian mereka mengambil cuti akademis dari universitas, dan menyewa beberapa server dan garasi di Menlo Park dengan batuan keuangan dari para teman dan kerabat (diantaranya Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems), dan pada bulan September 1998 mendaftarkan perusahaan Google Inc. Dengan cepat mesin pencari Google menjadi terkenal karena tingginya pencarian informasi melalui mesin pencari tersebut, dan pada awal tahun 1999 perusahaan tersebut semakin besar dan pindah ke kota Palo-Alto. Pada tahun 1999 perusahaan terkenal seperti Sequoia Capital dan Kleiner Perkins menjadi investor Goolge Inc. Menurut Brin, keberhasilan sistem mereka berkaitan juga dengan kondisi, dimana para pesaing lebih mementingkan iklan dibandinkan pencarian informasi.

Brin adalah pencetus motto Google Inc, "Do not be evil!". Dan juga membentuk visi dan misi perusahaan “mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna”.

Pada awalnya, usaha Brin dan Page tidak mendatangkan keuntungan, namun memperkenalkan sistem pengiklanan yang membantu memperkaya perusahaan itu. Pada tahun 2001 Eric Schmidt, salah satu manager di korporasi “Sun Microsystems and Novell “, diundang untuk bergabung menjadi kepala direktur eksekutif, dimana pada saat itu Brin menjadi presiden divisi teknologi, dan Page menjadi presiden bagian produksi. Pada awala tahun 2000-an perusaahaan tersebut mulai meluncurkan layanan spesial, seperti layanan berita, pencarian buku, peta domgrafis, layanan penyuratan, dan sebagainya. Di tahun 2003 Google Inc. menjadi leader dalam katgori mesin pencari dan mendapatkan keuntungan yang besar bagi perusahaan “muda” pada saat itu, dan perkembangannya membuat perusahaan tersebut pindah ke Mountain View, California. Pada awal tahun 2004 Brin dan Page dianugerahi “Persons of the week” pada stasiun tv ABC.


Sergei Brin
Brin dikenal dengan pandangan liberal yang radikal. Di Rusia pernyataannya “Rusia adalahh Nigeria yang bersalju” menjadi perbincangan, yang dibuat olehnya pada tahun 2002 tentang pembahasan ketergantungan energi Barat terhadap Rusia, walaupun pada kunjungannya ke Moskowpada mei 2008, ia menarik kata-kataya tersebut. Pada tahun 2004 Brin dan Page secara khusus menggarisbawahi perlunya dukungan proyek-proyek mereka yang berhubungan dengan kemiskinan dan hak asasi manusia. Akan tetapi wacana tersebut mendapatkan respon “special”. Pemerintah RRC memblokir mesin pencari tersebut karena dianggap menyebarkan yang tidak sesuai dengan mereka. Pada januari 2006 Brin mengumumkan tentang persetujuan perusahaan terhadap penyusunan mesin pencari khusus, yang sesuai dengan peraturan pemerintah RRC. Selain itu, pada tahun 2006 pada konfrensi pers dibahas tentang kemungkinan kerjasama Google Inc. dengan CIA.

Pada september 2008 Brin dalam salah satu catatan di blognya mengatakan bahwa pada dirinya ditemukan mutasi genetik, dan mungkin saja penyebab penyakit Parkinson.

Brin telah mempublikasi lebih dari 12 karya ilmiah.

Pada tahun 2007 Sergei Brin menikahi Anne Wojcicki, pendiri perusahaan bioteknologi, yang bergerak dibidang tes DNA dan identifikasi penyakit. Kakaknya, Susan Wojcicki merupakan orang yang menyewakan garasi ke Brin dan Page pada tahun 1998, yang menjadi kantor pertama Google Inc.

Sumber  peoples.ru


Comments

Popular posts from this blog

Preposisi “в” dan “на” untuk Menunjukkan Tempat

Pada kesempatan ini saya mau sedikit share tentang penggunaan kata depan atau preposisi untuk menunjukkan tempat. Ada banyak preposisi dalam bahasa Rusia, namun pada artikel ini akan difokuskan untuk membahas “в” dan “на” untuk menjawab pertanyaan “ где ?” (dimana). Dalam bahasa Indonesia sendiri “в” dan “на” bisa diartikan dengan “di” atau “pada saat”, dsb. Namun ada beberapa situasi dasar, bagaimana menggunakan preposisi “в” dan “на”.

Galeri Foto Presentasi Pesawat Tempur MiG-35

MiG - 35      Foto: Marina Lystseva / TASS Di Lukhovitsy, kota pinggiran Moskow berlangung pertunjukan internasional pesawat temput terbaru berkemampuan multi fungsi MiG-35, yang uji terbangnya dimulai pada bulan januari. Pesawat ini akan melengkapi kekuatan armada udara Rusia.

Mau Jadi Warga Negara Federasi Rusia? Ini Syaratnya

gambar: ria.ru Ingin menjadi warga negara Federasi Rusia? Bisa, namun anda harus memenuhi syatat-sarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Rusia. Untuk syaratnya bisa dibaca berikut ini. Sesuai dengan isi hokum federasi Rusia tentang “Kewarganegaraan Federasi Rusia” yang berlaku dari 31 Mei 2002, penerimaan warga negara asing dan individual tanpa status warga Negara dapat dilaksanakan dalam tahapan umum (pasal 13) atau tahapan yang disederhanakan (pasal 14). seseorang dapat mengklaim dalam penerimaan kewarganegaraan, jika : 1. Dalam prosedur yang disederhanakan - Merupakan individu yang tidak memiliki kemampuan untuk bekerja (cacat, lansia, dsb) dan memiliki anak seorang warga negara Rusia sudah dewasa secara hukum yang memiliki kemampuan bekerja. - Berinvestasi dalam ekonomi Federasi Rusia tidak kurang dari 10 juta rubel. - Menikah dengan warga negara rusia tidak kurang dari 3 tahun. - Veteran perang dunia II -